• Internet
  • Tips Trick
  • Javascript
::...Penguasaan akan teknologi di masa mendatang akan lebih menuntut sumber daya manusia yang berkualitas dalam penguasan teknologi. Dengan adanya tehnologi segala kegiatan atau aktvitas manusia akan lebih terbantu dan menjadi lebih mudah, efisien waktu, tenaga, biaya dan tidak terikat oleh jarak dan waktu ...::

Layanan Aplikasi di Internet

Electronic Mail (e-mail)
Adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat.
News-USENET
Digunakan untuk bertanya pada orang di seluruh penjuru dunia tentang masalah yang sedang dihadapi atau bila ingin mendiskusikan sesuatu.
Usenet mirip dengan electronic mail, hanya saja seluruh artikel yang ada pada Usenet dapat dibaca oleh masyarakat penggunanya.
File Transfer Protocol (FTP)
Adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
• Tujuan FTP server adalah sebagai berikut:
- Untuk men-sharing data.
- Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
- Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.
Remote Login – Telnet
Adalah salah satu layanan internet yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah remote host dalam lingkungan jaringan internet.dengan memanfaatkan remote login, seorang user dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host. Dari sana, user dapat melakukan pemeliharaan / maintenance, menjalankan sebuah program, atau bahkan menginstall program baru di remote host.
Penggunaan remote login umumnya digunakan oleh administrator dalam suatu jaringan. Dengan adanya layanan remote login, seorang administrator sistem jaringan dapat terus memegang kendali atas masing- masing komputer di dalam jaringan, tanpa harus mengaksesnya secara fisik. Layanan remote login juga memungkinkan seorang administrator menjaga stabilitas dan menyingkirkan bahaya dari luar di dalam suatu sistem jaringan.
Protokol yang umum digunakan untuk keperluan remote Login adalah TelNet (Telecommunication network) yang berjalan pada port 23. Namun Remote login melalui TelNet memiliki risiko keamanan karena data yang dikirimkan berbentuk plain text (tidak dienkripsi). Sehingga seseorang (termasuk para cracker)yang menangkap paket pada jaringan (sniffing) dapat mengumpulkan informasi-informasi mengenai host tersebut dan remote host, termasuk username dan password.
Untuk menanggulanginya, maka dikembangkan protokol SSH (secure shell) untuk menggantikan TelNet. Berbeda dengan TelNet, SSH bekerja pada port 22 dan data yang dikirimkan sudah dienkripsi.
World Wide Web (www)
Adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna.
World Wide Web adalah program pertama yang bukan saja menggunakan FTP (File Transfer Protocol) namun juga HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang dikembangkan Tim Berners-Lee pada tahun 1989.
Internet Relay Chat (IRC)
Adalah program yang populer di kalangan para internet surfer untuk melakukan “chatting” atau obrolan antara sesama surfer di internet.
IRC menyediakan cara untuk berkomunikasi secara real time dengan orang-orang dari seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar